Proses pengembangan strategi dimulai dari pengembangan strategi
korporat dengan fokus mempertahankan hidup (survival). Berdasarkan
strategi korporat ini, strategi unit bisnis dengan fokus
pada distinctive compentence, kepemimpinan, biaya, diferensiasi mengenai
produk, dan fokus pada biaya maupun diferensiasi, disusun.
Yang terakhir adalah penyusunan strategi operasional dengan fokus
pada prioritas persaingan, biaya, kualitas, fleksibilitas, dan pengiriman.
Penerapan strategi operasional ini berupa pengembangan
struktur maupun infrastruktur.
Pengembangan struktur meliputi :
• Desain organisasi
• Evaluasi kapasitas
• Strategi mengenai fasilitas
• Sistem desain operasional
Pengembangan infrastruktur meliputi :
• Perencanaan operasional
• Pengendalian kebutuhan bahan
• JIT
• Kualitas dan pelayanan kepada konsumen
• Produktivitas dan tenaga kerja
• Penggunaan teknologi manajemen.
Selanjutnya, jika perusahaan menerapkan seluruh strategi operasional,
ia akan memperoleh keluaran berupa produk maupun jasa
yang sesuai dengan harapan konsumen. Harapan konsumen ini
dapat diukur berdasarkan kriteria tingkat kepuasan konsumen.
Komponen Strategi Operasional
...
...
3.1. Strategi Kualitas
...
a. Desain yang Fleksibel
...
b. Kualitas yang baik dan konsisten
...
c. Kecepatan Pelayanan
...
d. Harga Relatif Rendah
...
e. Pelayanan Purna Jual
...
f. Variasi Produk
...
3.2. Strategi Produk
.....
3.3. Strategi Proses
.....
3.4. Strategi Fasilitas
.....
Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis
Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21
Penulis: Freddy Rangkuti Penerbit: Gramedia Pustaka Utama 1997
Dapatkan info lebih lanjut dengan membeli buku tersebut dan temukan koleksi buku lainnya dari Freddy Rangkuti dan Gramedia Pustaka Utama
0 komentar:
Posting Komentar