Kami Danendra Indonesia sebagai distributor buku akan membantu mendistribusikan buku anda mulai dari toko buku besar yang ada di pulau Jawa dan Jakarta sampai (khusus untuk kota Bandung) toko buku kecil atau toko buku di kompleks perguruan tinggi atau universitas dan tempat ideal menjual buku seperti bandara dan lokasi lainnya.

Ribuan judul buku sudah kami tangani dari berbagai daerah dan penerbit.

Distributor kami terus berusaha menyajikan layanan terbaik dan tertib administrasi.

Sadewa S.N.
- CEO Danendra Indonesia -



===================================================================




INFO, CATATAN dan TULISAN dalam BLOG DANENDRA:

Rabu, 02 Oktober 2013

Pengertian Manajemen Operasional dan Strategi Operasional


Manajemen Operasional adalah salah satu kegiatan manajemen
fungsional. Kegiatan manajemen operasionai selalu berkaitan
dengan proses transformasi semua masukan {input) sumber daya
secara terpadu sehingga dapat menghasilkan nilai tambah dalam
bentuk keluaran (output) baik yang berupa produk maupun jasa.
Kegiatan melalui proses transformasi tersebut dilakukan secara
efektif dan efisien, dan diukur berdasarkan kriteria tertentu secara
spesifik. Hasilnya berupa kinerja produk atau jasa serta proses teknologi
dan sesuai dengan tujuan pasar yang ingin dicapai.
Berdasarkan pengertian tersebut, indikator yang sangat menentukan
untuk kegiatan manajemen operasionai adalah :
1. Proses transformasi
Proses ini merupakan serangkaian kegiatan yang dapat merubah
masukan menjadi keluaran (produk dan jasa), dengan
memberikan tambahan manfaat berupa nilai tambah.
2. Efektivitas
Ini merupakan upaya mengerjakan semua pekerjaan secara
tepat {doing the right job), dengan menggunakan seluruh potensi
sumber daya yang dimiliki dan sesuai dengan tujuan
operasional.
3. Efisiensi
Ini merupakan upaya mengerjakan semua pekerjaan secara
optimal 0doing the job right) dan sebaik-baiknya dengan total
biaya paling rendah dan menghasilkan tingkat kesalahan nol
(zero defect).
4. Penggunaan Sumber Daya secara Terpadu
Karena potensi sumber daya semakin mahal dan ketersediaannya
sangat terbatas, pemakaian sumber daya ini harus dipergunakan
sebaik-baiknya dan secara proporsional, sesuai
dengan kebutuhan dan perencanaan.
5. Pencapaian Ukuran Kinerja Tertentu
Kinerja diukur berdasarkan perhitungan minimalisasi biaya,
kualitas yang baik, jangka waktu pengiriman yang cepat,
dan fleksibilitas yang tinggi.
6. Produk atau Jasa, Proses Teknologi, dan Tujuan Pasar
Fungsi operasional adalah membuat produk atau jasa yang
memberikan kontribusi sangat besar terhadap tujuan organisasi.
Hasilnya dapat diukur dengan jelas baik berdasarkan
produk atau jasa yang dihasilkan, proses teknologi yang dipergunakan
dan tujuan pasar yang ingin dicapai.

Berikut ini adalah pengertian mengenai strategi operasional
menurut beberapa pakar strategi.
Skinner (1978)
Strategi merupakan filosoji yang berkaitan dengan alat untuk mencapai
tujuan.
Hayes dan Wheel Wright (1978)
Strategi mengandung arti semua kegiatan yang ada dalam lingkup perusahaan,
termasuk di dalamnya pengalokasian semua sumber daya yang dimiliki
perusahaan.

Anderson et al. (1984)
Strategi operasional merupakan visi jangka panjang, terdiri dari misi, tujuan,
kebijakan, dan distinctive competence suatu perusahaan

Jadi, definisi strategi operasionai adalah komitmen terhadap semua
kegiatan yang direncanakan maupun yang ada dalam lingkup
perusahaan saat ini. Kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut secara
optimal memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada dan
melakukan proses transformasi untuk mencapai distinctive competence
dan tujuan operasionai perusahaan.
Indikator yang sangat bermanfaat membentuk pengertian strategi
operasionai adalah:
a. Komitmen terhadap kegiatan yang ada dalam lingkup
perusahaan.
b. Kondisi yang ada saat ini dan yang direncanakan.
c. Proses transformasi, yaitu kegiatan organisasi yang dapat
mengubah masukan menjadi nilai tambah keluaran.
d. Distinctive competence, yaitu kemampuan spesifik yang dimiliki
oleh perusahaan untuk menghasilkan nilai tambah melalui
proses transformasi dan mendukung tujuan perusahaan secara
keseluruhan.
Perumusan. strategi operasionai secara jelas merujuk pada dan
berkaitan dengan strategi unit bisnis dan strategi korporat. Menurut
Richardson, Taylor, dan Gordon (1985), perusahaan yang dapat
mengembangkan keterkaitan ini akan menjadi perusahaan yang
lebih sukses dan menguntungkan. Dengan demikian, strategi
operasionalnya memerlukan masukan dari berbagai fungsi
manajemen lainnya, misalnya evaluasi informasi atau strategi audit dengan menggunakan metode analisis SWOT.

Dikutip dari buku:
Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis
Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21
Penulis: Freddy Rangkuti Penerbit: Gramedia Pustaka Utama 1997

Dapatkan info lebih lanjut dengan membeli buku tersebut dan temukan koleksi buku lainnya dari Freddy Rangkuti dan Gramedia Pustaka Utama


0 komentar:

Posting Komentar