Kami Danendra Indonesia sebagai distributor buku akan membantu mendistribusikan buku anda mulai dari toko buku besar yang ada di pulau Jawa dan Jakarta sampai (khusus untuk kota Bandung) toko buku kecil atau toko buku di kompleks perguruan tinggi atau universitas dan tempat ideal menjual buku seperti bandara dan lokasi lainnya.

Ribuan judul buku sudah kami tangani dari berbagai daerah dan penerbit.

Distributor kami terus berusaha menyajikan layanan terbaik dan tertib administrasi.

Sadewa S.N.
- CEO Danendra Indonesia -



===================================================================




INFO, CATATAN dan TULISAN dalam BLOG DANENDRA:

Rabu, 16 Oktober 2013

PLN Bersih menggunakan strategi SWOT

Setiap misi atau program yang diemban pastilah diperlukan strategi agar bisa menjadi sukses dalam mencapai tujuannya. Salah satu cara untuk merumuskan strategi tersebut adalah dengan cara menggunakan tool manajemen seperti Analisis SWOT.
Demikian pula PLN yang sedang mengemban misi dan program sebagai perusahaan yang bersih sesuai dengan semangat pemerintah Indonesia menciptakan pemerintahan yang bersih dari KKN.
Sebagai bentuk dukungan penulis blogger ini maka saya mencoba merumuskan suatu usulan gambaran strategi dari apa yang sedang dijalankan oleh PLN. Beberapa sudah dilaksanakan oleh PLN dan beberapa lainnya merupakan tambahan ide dan pemikirian dari penulis blog ini.

ANALISIS SWOT Sukses Program 4 Pilar PLN Bersih

Faktor Eksternal      














Faktor Internal
Opportunity (O)

1.Dukungan Pemerintah dan kementrian BUMN

2.Dukungan Masyarakat untuk PLN Bersih

3.Dukungan Organisasi Transparasi dan GCG serta lembaga atau organisasi lainnya
Threat (T)

Godaan dan iming-iming yang mungkin saja terjadi dari pihak luar (rekanan bisnis dan masyarakat) yang ingin berhubungan dengan PLN 
Strength (S)

1.Komitmen yang tinggi dengan 4 Pilar PLN Bersih

2.Kredibiltas dan pengalaman sebagai perusahaan top BUMN

3.Birokrasi dan sistem yang mulai berubah

4.Program CSR yang mendekatkan kepada masyarakat






Strategi SO

Ciptakan strategi dengan menggunakan Kekuatan atau Strength untuk memanfaatkan peluang





Strategi ST

Ciptakan strategi yang menggunakan Kekuatan atau Strength untuk mengatasi atau menghindari ancaman (Threat)
Weakness (W)

1.Program 4 Pilar tergolong masih baru dan sosialisasi belum menyeluruh dan mendalam

2.Kerja PLN yang cukup berat untuk produksi listrik sehingga konsentrasi terbagi

3.Cakupan daerah kerja yang luas dan pengawasan SDM masih lemah






Strategi WO

Ciptakan strategi yang meminimalkan kelemahan untuk memanfaatkan peluang





Strategi WT

Ciptakan strategi yang menimilkan kelemahan dan menghindari ancaman

Rumusan Strategi dari SWOT untuk Sukses Program 4 Pilar PLN Bersih

Strategi SO
-(S1>O3)Komitmen 4 Pilar diperkuat dengan bekerja sama dengan Organisasi Transparansi dan GCG melalui perjanjian bersama, konsultasi dan penelitian. Seperti yang telah dilaksanakan melalui PLN Jalin Kerjasama Dengan Transparency International Indonesia (TII) Dalam Penerapan GCG
-(S2>O1) Tentunya sebagai perusahaan andalan pemerintah dan negara maka diharapkan untuk tidak segan berkoordinasi dalam hal permintaan bantuan dan arahan dari pemerintah  sebagai bentuk dukungan Bapak terhadap anaknya untuk menjadi lebih baik serta pelaporan yang komprehensif memberi kebanggaan  bagi atasan dan menunjukkan ketaatan terhadap atasan.
-(S3>02)Masyarakat diajak untuk berperan serta melaporkan hal-hal yang mengganggu kelancaran birokrasi dan keadilan layanan listrik seperti dijabarkan dalam rincian Program 4 Pilar PLN Bersih  dan juga dalam inisiatif yang telah dilakukan PLN dalam upaya melakukan tindakan pencegahan korupsi

Strategi ST
-(S3>T)Konsistensi dalam pelaksanaan birokrasi dan sistem yang dikembangkan serta update akan perkembangan teknologi/sistem informasi yang mendukung. Salah satunya adalah website PLN yang harus semakin handal. Baik website atau sistem informasi lainnya akan meminimalisir negosiasi atau jalur-jalur administrasi liar yang tidak perlu.
-(S1>T)Komitmen selalu ditanamkan dengan menjadikan budaya perusahaan yang selalu ditampilkan dalam lambang-lambang perusahaan. Seperti logo PLN Bersih yang harus ditampilkan dalam perangkat kerja pegawai PLN baik dari seragam dan lain-lain. Setiap kali ada godaan maka lambang-lambang tersebut paling tidak diharapkan menjadi filter pertama (pengingat) untuk menangkisnya.
logo PLN Bersih

Strategi WO
-(W2>O1)Selalu menunjukkan keseriusan dan mengedepankan kerja sama baik internal maupun pendekatan kepada pemerintah dan juga sekaligus terus menunjukkan niat baik dan berkonsultasi.
Keseriusan tersebut dengan terus menerapkan kegiatan Assesment PLN Bersih setiap periode tertentu.
-(W1>O2O3)Kegiatan dari Agent of Change PLN Bersih tetap dijaga minimal tetap stabil dan berkelanjutan untuk digerakkan dan para pimpinan menyempatkan diri untuk langsung menayakan kondisi terkini perusahaan baik dalam internal dan hubungannya dengan eksternal. Perlakukan seluruh lini pegawai sebagai bagian penting mencapai cita-cita PLN Bersih. Jika pegawai di lini terdepan yang berhubungan dengan masyarakat memberikan kesan profesional dan bersih maka akan meingkatkan citra di mata masyarakat sehingga masyarakatkan semakin mendukung dan syang terhadap PLN
-(W3>O2O3)Libatkan masyarakat dan lembaga independen lainnya yang bisa membantu pengawasan PLN itu sendiri. Optimalkan peran Social Media terutama melalui www.twitter.com/PLN_123 dengan menjawab semua pertanyaan yang relevan dan penting untuk dijawab.

Strategi WT
-Memperbaiki kekurangan dengan memanfaatkan evaluasi.
-Dengan selalu berdoa dan mawas diri agar terhindar dari godaan-godaan dan saling mengingatkan serta berkomunikasi dalam internal PLN misalkan pemberian wejangan dan instruksi sebelum berangkat kerja.


referensi
untuk Analisis SWOT dan Strategi menggunakan teori dalam buku: "Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis" oleh Freddy Rangkuti terbitan Gramedia Pustaka Utama

tulisan ini diperuntukkan untuk mengikuti lomba blog PLN Bersih yang telah lewat

0 komentar:

Posting Komentar